Abdul Kahar Slide

17 Maret 2009

Nama AMBALAN

Di dalam dunia kepramukaan sudah tentunya tiap-tiap bidang atau organisasi memiliki suatu kepengurusan.

AMBALAN dan RACANA ?? Pernah dengar kata tersebut? Nah.., AMBALAN dan RACANA itu lah yang mengurusi kepramukaan. Istilahnya, badan nya Pramuka. Contohnya Republik Indonesia, yang bertindak untuk mengurusinya kan Pemerintah, Pemerintah berperan sebagai Badan nya RI. Sama seperti Pemerintah, Para pengurus kepramukaan dimasukkan di dalamnya yaitu Ambalan dan Racana. Nantinya Ambalan dan Racana ini terdapat struktur kepengurusannya.

AMBALAN dan RACANA ini berbeda. AMBALAN merupakan badan untuk mengurusi Pramuka Penegak (sejajar dengan SMA). Sedangkan RACANA merupakan badan untuk mengurusi Pramuka Pandega (sejajar dengan Mahasiswa yang berada di bangku kuliah).

Untuk AMBALAN maupun RACANA di setiap tempat atau daerah di mana dia berada pasti memiliki sebuah NAMA. Layaknya Pemerintahan kita, dengan nama Pemerintah Republik Indonesia. Namun ada perbedaan di sini, Pemerintahan RI, Pemerintahan Laki2 dan Pemerintahan Perempuan Pemerintahannya tidak dipisahkan melainkan SATU, ini bercermin dari semboyan negara kita yaitu BHINEKA TUNGGAL IKA. Berbeda dengan Ambalan atau Racana, yang kepengurusan Laki-laki dan Perempuan nya BERPISAH. Ada Ambalan/Racana PUTRA dan Ambalan/Racana PUTRI. Ini agar di masing kedua pihak bisa mandiri dan kuat, sehingga nantinya akan menjadi SATU maka kuatlah mereka.

Pramuka SMAN 1 Ngabang (Gugus Depan Abdul Kahar) sesuai prinsip kepramukaan merupakan Pramuka Penegak. Oleh karena Pramuka Penegak, maka badan kepengurusannya adalah AMBALAN.

Berikut nama Ambalan Putra dan Putri di SMAN 1 Ngabang:
- Ambalan Putra bernama AMBALAN PANGERAN CINATA.
- Ambalan Putri bernama bernama AMBALAN DAYAK'NG SIREA.

Sehingga dapat singkat -ambalan pcds-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lambang Pramuka Indonesia

Lambang Pramuka Indonesia
Tunas Kelapa